Bagaimana cara membuat wawancara kerja virtual Anda dan merasa siap dengan 5 tips sederhana ini

Sidoarjo

Sementara Circuit Breaker akan secara resmi berakhir pada 1 Juni, kami masih sangat dianjurkan untuk bekerja dari rumah. Itu berarti kehidupan profesional kami dan proses perekrutan akan terus dilakukan hampir sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Jika saat ini Anda sedang mencari peran baru atau melakukan wawancara pekerjaan virtual yang akan datang untuk persiapan, jangan khawatir. Kami memiliki beberapa tips untuk membantu Anda memanfaatkan yang terbaik dari situasi tersebut.

1. Uji pengaturan komputer atau laptop Anda

wawancara kerja virtual menguji komputer Anda

Sebagian besar wawancara virtual kemungkinan akan diadakan menggunakan Google Meet, tetapi calon atasan atau sumber daya manusia (SDM) Anda akan memberi tahu Anda platform mana yang akan Anda gunakan sebelum rapat.

Setelah Anda tahu aplikasi konferensi video mana yang akan diadakan wawancara kerja virtual Anda, biasakan diri Anda dengan platform dan kontrolnya. Anda juga dapat memanggil teman atau anggota keluarga dengan aplikasi untuk memastikan peralatan dan sistem audio Anda berfungsi. Jika wawancara Anda dijadwalkan di pagi hari, pastikan laptop Anda terisi penuh.

Pertimbangkan berinvestasi dalam sepasang earphone atau headphone berkualitas tinggi dengan fungsi mikrofon juga. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah terus-menerus meminta panel pewawancara Anda untuk mengulangi diri mereka sendiri karena Anda tidak dapat mendengarnya dengan baik (atau sebaliknya).

2. Pilih lokasi yang rapi dan cerah

wawancara pekerjaan virtual lokasi cerah

Saat Anda menjalankan uji coba dengan teman atau anggota keluarga, temukan ruang yang cukup terang di rumah Anda yang memungkinkan Anda untuk fokus. Jika ruang itu saat ini berantakan, luangkan waktu untuk memindahkan hal-hal tertentu dari bingkai.

Biarkan anggota keluarga atau teman serumah Anda tahu kapan wawancara Anda akan datang, sehingga mereka akan tahu untuk memberi Anda privasi ketika saatnya tiba. Ini akan membantu menghilangkan gangguan dari wawancara kerja virtual Anda.

Jika Anda ingin terlihat rapi dalam waktu kurang dari 15 menit, berikut adalah daftar cara licik untuk mencari yang terbaik dalam panggilan video.

3. Bersiaplah dengan saksama

wawancara kerja virtual mempersiapkan secara menyeluruh

Sama seperti wawancara tatap muka lainnya, Anda harus siap membagikan alasan Anda ingin bergabung dengan perusahaan dan apa yang akan Anda bawa ke peran yang Anda dambakan. Lakukan sedikit riset untuk mengetahui beberapa pertanyaan wawancara paling umum dan siapkan jawaban Anda sebelumnya.

Karena ini adalah wawancara kerja virtual, Anda dapat mengambil keuntungan dari situasi ini dengan meletakkan jawaban Anda di dokumen di tab lain. Jika Anda cenderung kosong di bawah tekanan, rujuklah untuk memandu Anda kembali ke jalur semula.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah melatih respons Anda di cermin atau dengan webcam Anda. Perhatikan ekspresi wajah Anda dan ingatlah untuk lebih banyak tersenyum jika Anda terlihat terlalu keras. Disposisi yang menyenangkan akan selalu meninggalkan kesan positif pada pewawancara Anda.

4. Berpakaian sesuai untuk wawancara kerja virtual Anda

wawancara pekerjaan virtual berpakaian dengan tepat

Hanya karena ini adalah wawancara kerja virtual, itu tidak berarti Anda harus mengenakan piyama. Cobalah berpakaian profesional, meskipun itu hanya dari pinggang ke atas.

Jika blazer membatasi Anda dan membuat Anda tidak nyaman, pilihlah blus atau kemeja yang dipoles untuk menyatukan tampilan Anda. Anda akan merasa jauh lebih percaya diri ketika Anda berpakaian untuk bagian itu, dan pewawancara Anda akan tahu Anda serius tentang posisi itu.

5. Bergabung rapat tepat waktu

virtual-interview-tips-give-attention

Datanglah lebih awal, sama seperti yang Anda lakukan untuk wawancara di tempat. Bergabunglah dengan Google Meet atau Zoom meeting lima menit sebelumnya untuk memberikan waktu bagi diri Anda untuk tenang.

Letakkan ponsel Anda dalam mode senyap dan matikan notifikasi laptop apa pun untuk saat ini, jadi mata Anda tidak akan melesat ke pop-up atau peringatan saat wawancara tengah. Setelah wawancara kerja virtual dimulai, hadir dan berikan perhatian pewawancara Anda.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *